Strategi Pemulihan Pariwisata Bali Pasca Pandemi Corona - Beritabali.com

Opini

Strategi Pemulihan Pariwisata Bali Pasca Pandemi Corona

Minggu, 17 Mei 2020 | 10:10 WITA

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Bali sudah menjadi pusat pariwisata Indonesia sejak lama. Perkembangan daerah dan kenikmatan kehidupan di Bali menjadi ciri khas tersendiri. Tahun 2019 wisatawan asing yang datang ke Bali lebih dari 6,3 juta jiwa. Hal ini membuktikan Bali sebagai tempat wisata yang tidak akan membuat orang bosan untuk datang.

Pilihan Redaksi

  • Pariwisata Bali Prioritas Kebersihan, Kesehatan dan Keamanan Pasca Covid-19
  • Keberhasilan Bali Tangani Covid-19 Jadi Promosi Pariwisata Pasca Pandemi
  • Dewan Dorong Gubernur Koster Giatkan Sektor Pertanian Selain Pariwisata
  • Ancaman perekonomian muncul semenjak meluasnya wabah virus corona (covid-19) hingga masuk ke Indonesia pada 2 Maret 2020 lalu. Pemerintah Provinsi Bali membentuk gugus penanganan wabah pandemi demi mencegah bertambahnya jumlah pasien positif corona di daerah Provinsi Bali.
    Seluruh tempat wisata ditutup, perhotelan ditutup, termasuk pembatasan interaksi sosial pun dijaga ketat oleh pihak kepolisian. Gurbernur Provinsi Bali I Wayan Koster mengatakan bahwasannya semenjak 1 April 2020 wisatawan asing yang datang ke Bali dapat dikatakan nol. 
    Sebagai daerah penyumbang 28% devisa negara keadaan ini akan sangat merugikan masyarakat Bali dan Negara. Penanganan virus corona ini tidak hanya dilakukan satu atau dua bulan tetapi lebih dari itu sampai pemerintah pusat menyatakan Indonesia sudah aman dan dapat menjalankan kehidupan seperti biasanya. 
    Anggaran yang dikeluarkan oleh pemerintah Bali pun bukan angka yang sedikit. Sebagai contoh bantuan sosial bidang pendidikan pemerintah Bali harus mengeluarkan anggaran 38M untuk membantu siswa SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Mahasiswa di 66 Perguruan Tinggi Negeri / Swasta. Oleh sebab itu pemerintah Bali akan menyiapkan strategi untuk dapat dengan cepat memulihkan keadaan ekonomi khususnya bidang pariwisata agar dapat kembali normal. Nama baik pariwisata sangat berpengaruh bagi ketertarikan wisatawan asing untuk tetap datang ke Bali pasca pandemi corona ini.
    Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan oleh pemerintah Bali untuk memulihkan pariwisata bali. Pertama, mempersiapkan setiap tempat wisata dan perhotelan untuk membentuk konsep baru. Cara ini akan menarik wisatawan mancanegara dan domestik untuk datang ke Bali pasca pandemi corona. Kedua, memanfaatkan alokasi dana APBN yang sudah disiapkan pemerintah pusat secara maksimal. Pemerintah pusat telah menganggarkan dana pemulihan pariwisata Indonesia sebesar 3,3 Triliun ke sepuluh destinasi wisata termasuk Bali dengan skema penyaluran dana yang sudah disiapkan oleh pemerintah pusat. 
    Ketiga, melakukan kerjasama dengan influencer luar negeri dan domestik untuk mempromosikan pariwisata Bali pasca pandemi corona. Saat ini influencer sangat berpengaruh khususnya dimedia sosial sehingga akan sangat membantu untuk menarik wisatawan datang ke Bali. Keempat, pembenahan destinasi wisata. Sebelum kembali mempromosikan daerah Bali sebagai destinasi wisata dunia pemerintah harus memastikan kesiapkan daerah Bali pasca pandemi corona agar tidak terjadi kesalahan yang akan merusak pandangan wisatawan terhadap daerah Bali. 
    Hal ini akan berdampak pada jumlah wisatawan jika terjadi kesalahan yang merugikan banyak pihak termasuk negara. Kelima, bekerjasama dengan tempat wisata, perhotelan, dan restaurant untuk melakukan branding dan promo wisata seluas - luasnya. Masyarakat baik domestik maupun mancanegara tentunya mengalami kejenuhan setelah berbulan - bulan menjaga jarak dengan cara berdiam dirumah. Situasi ini harus dimanfaatkan sebaik - baiknya untuk dapat menarik wisatawan memilik Bali sebagai destinasi menghilangkan kejenuhan pasca penanganan pandemi corona.     
    Dukungan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat Bali sangat dibutuhkan untuk memulihkan keadaan pariwisata Bali. Pariwisata sebagai menyumbang ekonomi terbesar di Bali menjadi hal utama yang selayaknya diperbaiki pasca pandemi corona ini. Pemulihan yang terlambat akan merugikan masyarakat Bali khususnya sektor UMKM karena tidak adanya pendapatan selama pandemi corona. Terobosan strategi pemerintah dan kerjasama antar pemerintah dan masyarakat menjadi penentu keberhasilan pemulihan perekonomian daerah Bali.
    Penulis:
    Jeremia Ronaldo H Mahasiswa Universitas Airlangga

    Penulis : Opini

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Pariwisata Virus Corona


    Biar kamu #TetapTerjaga dirumah, Kami antar semua kebutuhanmu Pakai Bluebird COD - Chat-Order-Deliver

    Program berlaku di area Sarbagita, Argo taksi dimulai pick-up di lokasi pertama dan Pembayaran Tunai atau Non-Tunai melalui Easy Ride My Bluebird.



    Opini Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending Opini

    Berita Bali TV