Bisnis Ikan Koi di Tengah Pandemi - Beritabali.com

Opini

Bisnis Ikan Koi di Tengah Pandemi

Kamis, 02 Juli 2020 | 11:10 WITA

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Ikan Koi merupakan salah satu ikan hias air tawar yang sangat digemari oleh masyarakat di Indonesia. Hal ini dikarenakan ikan koi memiliki corak warna yang indah, bentuk tubuh yang bagus serta mitos yang menyebutkan bahwa ikan koi merupakan ikan pembawa keberuntungan bagi pemiliknya. 

Pilihan Redaksi

  • Tips Sehat Selama Pandemi Corona Menurut Ayurveda
  • Siasati Pandemi, Direktur Hotel Ini Jualan Kue
  • Apresiasi Persiapan Bali, Wishnutama: Pariwisata itu Bisnis Kepercayaan
  • Banyaknya peminat ikan koi ini akhirnya membuat ikan koi menjadi salah satu segmen bisnis yang mulai banyak ditekuni oleh masyarakat. terdapat beberapa alasan yang menyebabkan banyak orang tertarik untuk berisnis ikan koi. pertama dari segi ekonomi atau pendapatan. Ikan koi merupakan salah satu ikan hias yang memilki nilai jual sangat bervariatif tergantung dari corak dan kualitas ikan yang ditawarkan, jika ikan koi memiliki corak yang unik, warna yang cerah dan bentuk tubuh ideal harganya dapat mencapai jutaan rupiah. 
    Alasan kedua adalah peminat untuk ikan koi di Indonesia sendiri jumlahnya tidak pernah berkurang, malah ada kencenderungan semakin meningkat. Sehingga permintaan atas ikan koi tidak pernah surut. Selama masa pandemi korona usaha ikan koi di Bali menjadi salah satu terdampak oleh adanya pandemi tersebut. Pada saat awal-awal pandemi korona terjadi Indonesia, masyarakat menjadi takut untuk keluar rumah. 
    Hal ini karena kepanikan masyarakat tertular akan tertular oleh virus tersebut serta adanya himbauan dari pemerintah untuk beraktifitas di rumah saja. Ini sangat berdampak kepada pengusaha ikan koi di Bali. Omzet penjualan ikan koi, pakan serta perlengkapan ikan menjadi turun drastis. Beberapa pengusaha ikan koi mengeluhkan sepinya penjualan pada saat awal-awal pandemi corona terjadi. 
    Hal yang berbeda terjadi pada akhir bulan april, pada saat itu masyarakat yang selama bulan maret-april diam di rumah saja mulai jenuh karena tidak memiliki aktivitas lainnya. Masyarakat akhirnya mulai mencari hobi baru untuk mengilangkan kejenuhan tersebut serta untuk mengisi waktu luang. Salah satunya aktifitas yang dilakukan adalah dengan memelihara ikan koi di rumah. 
    Masyarakat banyak yang mulai membangun kolam koi serta menambah koleksi ikan koi yang dimiliki. Ini berefek terhadap meningkatnya omzet pedagang koi berkisar antara 50-100%. Beberapa masyarakat yang sebelumnya hanya memeilhara ikan koi banyak yang beralih menjadi seorang penjual ikan koi maupun aksesoris perlengkapan kolam koi dan pakan ikan koi. Beberapa pengusaha ikan koi menyebutkan bahwa pandemi corona ini memberikan efek positif bagi penjualan mereka. 
     
    Akan tetapi banyaknya permintaan ini juga mengakibatkan terjadinya kelangkaan terhadap beberapa jenis pakan koi dan perlengkapan kolam ikan koi selama beberapa waktu. Ternyata pandemic corona ini dapat memberikan keuntungan bagi beberapa seckor yang pada saat keadaan normal sifatnya hanya biasa-biasa saja. Terdapat beberapa tips yang diberikan oleh pedagang koi terhadap masyarakat yang ingin mulai memelihara ikan koi:
    1. Membuat kolam koi dengan system filtrasi yang baik 2. Selalu memperhatikan dan menjaga kualitas air media kolam koi 3. Selalu melakukan proses karantina terhadap ikan yang baru dibeli.
     
    Penulis
    Gde Raka Angga Kartika
    Dosen Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana  

    Penulis : Opini

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Ikan Koi Pandemi


    Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet

    Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet. Promo Instalasi hanya Rp. 100.000. Kontak : 082236906863, 085738119233



    Opini Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending Opini

    Berita Bali TV