Mengenal Hari Valentine Dari Kacamata Hindu Bali - Beritabali.com

Opini

Mengenal Hari Valentine Dari Kacamata Hindu Bali

Minggu, 14 Februari 2021 | 16:00 WITA
Mengenal Hari Valentine Dari Kacamata Hindu Bali

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Bulan Februari merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan di seluruh belahan dunia untuk merayakan hari kasih sayang atau yang sering kita dengar “Hari Valentine”. 
Di Indonesia, hari Valentine dirayakan oleh seluruh pasangan dengan saling bertukar hadiah, makan malam romantis atau hanya sekedar menyatakan perasaan sayangnya ke pasangan. 
Perayaan hari Valentine juga dirayakan oleh masyarakat Hindu sejak zaman dulu, hanya saja masih banyak masyarakat yang belum mengetahuinya, yaitu Tumpek Klurut atau yang dikenal dengan Rahinan Tumpek Klurut
Tumpek Klurut adalah upacara persembahan/yadnya yang dirayakan sebagai wujud syukur kehadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam manifestasinya sebagai Dewa Iswara atas terciptanya suara-suara suci/tabuh dalam keindahan dan seni. Jadi hari Tumpek Klurut merupakan wujud dari kasih sayang terhadap alat-alat seni berupa gamelan. Masyarakat Hindu sering menyebut dengan Odalan Gong atau Otonan Gong. 
Jika di cermati lebih mendalam, hari Tumpek Klurut sesungguhnya sabagai sarana timbulnya rasa saling asah, asih, dan asuh sesama manusia dan makhluk ciptaan Tuhan melalui sarana seni gamelan/tetabuhan. 
Hari Tumpek Klurut adalah salah satu bentuk implementasi dari Tri Hita Karana yang memiliki pengertian tiga penyebab kebahagiaan itu bersumber pada keharmonisan tiga hubungan diantaranya hubungan manusia dengan tuhan, hubungan manusia dengan lingkungan, dan hubungan manusia dengan sesama.
Hari Tumpek Klurut mengingatkan kita kembali untuk tetap saling menyayangi, menghormati dan menjaga keharmonisan antar sesama dan semua makhluk ciptaan Tuhan, apalagi di masa pandemi saat ini. Selain dengan saling menukar kado dan makan malam romantis dengan pasangan, perayaan Valentine tahun ini juga dapat kita lakukan dengan cara berbagi kepada orang- orang yang membutuhkan bersama pasangan kita. Hal ini bisa di lakukan dengan cara membagi- bagikan sembako, nasi gratis atau yang lainnya.
Jadi, Hari Kasih Sayang tidak hanya di peruntukan untuk pasangan, keluarga atau teman saja, tetapi juga untuk masyarakat di sekitar kita. Karena menebarkan kasih sayang ke semua orang akan membuat kita saling menguatkan dan saling bergotong royong di masa pandemi ini.
Penulis
Riza Putri Pratiwi Pegiat Literasi Perpustakaan Praga Pustaka Bali

Penulis : Opini

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Hari Valentine Tumpek Klurut Kasih Sayang Kebahagiaan


The Best Cargo Company in Bali | Air and Sea Shipping in Bali

We are Your Experienced and Reliable Freight Forwarding Partner in Bali. Bali Cargo, Bali Freight Forwarder, Bali Shipping. Worldwide Cargo Logistics and Freight Forwarder in Bali, Air Freight Services, Sea Freight Services. Contact us Today 0811388874



Opini Lainnya :


Berita Lainnya

Trending Opini

Berita Bali TV