Merawat Keberagaman Melalui Salam Waktu - Beritabali.com

Opini

Merawat Keberagaman Melalui Salam Waktu

Rabu, 04 Agustus 2021 | 11:20 WITA
Merawat Keberagaman Melalui Salam Waktu

beritabali/ist/

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Klaim mayoritas masih menjadi momok dalam upaya merawat keberagaman di tanah air. Semboyan  Bhinneka Tunggal Ika seakan-akan masih sebatas konsep teori yang sangat sulit terimplementasi. 
Terbukti dengan munculnya kasus larangan untuk menyampaikan salam dan selamat hari besar keagamaan dari umat tertentu kepada umat beragama lain. Dominasi salam salah satu agama juga seakan menempatkan ikrar Bhinneka Tunggal Ika menjadi barang usang. 
Penggunaan salam keagamaan mestinya dievaluasi agar sesuai dengan konteks, tempat dan situasi. Menggunakan salam agama saat ini seakan-akan menunjukkan penggunaannya merupakan umat yang sangat bersih dan suci. Mestinya semakin beragama maka umat tersebut akan semakin manusiawi dan mampu menggunakan salam sesuai dengan konteksnya. 
Sudah saatnya penggunaan salam keagamaan hanya digunakan dalam kegiatan keagamaan semata. Tentu akan sangat sulit mewujudkan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, jika hanya mengedepankan mayoritas kelompok dan agama. Tokoh agama, politik, tokoh masyarakat dan para pemegang kebijakan mestinya menjadi contoh dalam penggunaan salam. 
Fenomena yang terjadi selama ini dan menjadi suatu kebiasaan serta seakan menjadi suatu yang benar adalah penyebutan salam semua agama dalam kegiatan di luar acara keagamaan. Penyampaian salam yang tak jarang salah dan belepotan sering menjadi bahan tertawaan dan menimbulkan ketersinggungan. 
Kebiasaan tersebut bukanlah hal yang buruk, namun alangkah baiknya menempatkan sesuatu sesuai dengan proporsinya. Dalam posisi ini bukan bermaksud mengesampingkan salam keagamaan, tetapi sebagai upaya mengimplementasikan Bhinneka Tunggal Ika.
Penggunaan salam semua agama dalam suatu acara selama ini memang mencerminkan bahwa Indonesia beragam, tapi ingat ada saudara kita yang menganut aliran kepercayaan yang tidak tersampaikan salamnya. Bayangkan jika mereka kemudian menuntut agar salam mereka juga digunakan, karena aliran kepercayaan juga diakui di Indonesia. 
Halaman :

TAGS :


Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



Opini Lainnya :


Berita Lainnya

Trending Opini

Berita Bali TV