Memperjuangkan Kesadaran Hak Kesehatan - Beritabali.com

Opini

Sebagai Cara Pencegahan dan Penanggulangan HIV dan AIDS

Memperjuangkan Kesadaran Hak Kesehatan

Rabu, 01 Desember 2021 | 21:15 WITA
Memperjuangkan Kesadaran Hak Kesehatan

bbn/Suara.com/Memperjuangkan Kesadaran Hak Kesehatan.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Dengan semakin banyaknya negara-negara di dunia memahami tentang Hak Asasi Manusia (HAM) buat warga negaranya, maka harapan agar tereliminasinya ketimpangan perlakuan, stigma, hingga diskriminasi dalam berbagai dimensi kehidupan juga dapat terwujud, termasuk di bidang kesehatan, tidak terkecuali di Indonesia. 
Sebagai warga negara Indonesia, setiap orang mempunyai hak dan kewajiban yang sama. Dalam aspek hukum, pelayanan kesehatan dan akses informasi telah diatur dalam perundang-undangan. Begitu juga dalam status seorang yang terinfeksi HIV, yang saat ini disebut dengan ODHIV (Orang Dengan HIV), atau yang sudah masuk ke tahap AIDS, populasi kunci, serta masyarakat yang terdampak HIV dan juga AIDS. 
Dalam pasal 4 UU Kesehatan No.36 tahun 2009 dinyatakan bahwa setiap orang berhak atas kesehatannya. Permasalahan HIV dan AIDS sangat terkait dengan hak atas kesehatan. Hak Kesehatan Pengidap HIV dan Orang Yang Terdampak HIV dan AIDS 
Pemerintah telah merinci hak kesehatan yang bisa didapat oleh seorang pengidap HIV dan juga AIDS serta orang yang terdampak HIV dan AIDS, yang diatur oleh Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2013 tentang HIV dan AIDS. 
Disebutkan bahwa hak itu adalah:
1. Hak atas pelayanan kesehatan
Undang-Undang Kesehatan mewajibkan perawatan diberlakukan kepada seluruh masyarakat tanpa kecuali termasuk pengidap HIV dan AIDS dan masyarakat yang terdampak. Dalam pasal 5 UU Kesehatan dinyatakan bahwa terdapat kesamaan hak tiap orang dalam mendapatkan akses atas sumber daya kesehatan, memperoleh pelayanan kesehatan yang aman, bermutu dan terjangkau. 
Tugas pemerintah dalam hal ini untuk menyediakan tenaga medis, paramedis dan tenaga kesehatan lainnya yang cukup dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi pengidap HIV dan AIDS dan menjamin ketersediaan segala bentuk upaya kesehatan sehingga tercapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. 
Halaman :

TAGS : Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


Beritakarangasem.com - Media Online Karangasem Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Karangasem, Bali, Nasional dan Dunia.



Opini Lainnya :


Berita Lainnya

Trending Opini

Berita Denpasar Terkini

Lihat Semua

Berita Bali TV